Ganja Dilegalkan di Piala Dunia 2018 Rusia

Ganja Dilegalkan di Piala Dunia 2018 Rusia
Ganja Dilegalkan di Piala Dunia 2018 Rusia

Piala Dunia 2018 Rusia – Sebuah kebijakan yang menuai berjibun kontroversi dilahirkan pemerintah Rusia menjelang Piala Dunia 2018 di bulan Juli mendatang. Yakni, kebijakan tersebut melegalkan para penonton yang nantinya berniat membawa ganja saat menonton langsung di stadion. Namun begitu, sejumlah persyaratan tetap dicetuskan oleh pemerintah tuan rumah dari ajang sepakbola 4 tahunan tersebut.

Berita dilegalkannya ganja pada event Piala Dunia tahun itu sendiri dipublikasikan oleh Moscow Times, salah satu tabloid yang terbit harian di Rusia. Tak heran kalau kebijakan pemerintah yang tebilang nyeleneh tersebut menjadi buah bibir di masyarakat. Pasalnya, Rusia sendiri sama sekali tidak mengizinkan penggunaan narkotika termasuk ganja pada kehidupan sehari-hari secara bebas.

Di Rusia, seseorang yang ingin membawa barang-barang yang dikategorikan sebagai narkotika seperti halnya kokain, heroin dan ganja memang harus mempunyai izin resmi tertulis dari pemerintah daerah setempat dan harus ditulis dalam Bahasa Rusia. Untuk meloloskan surat izinnya sendiri juga harus mendapat rekomendasi dari dokter resmi, yang nantinya juga harus dicantumkan pada legalitas hitam diatas putih tersebut.

Usut punya usut, pemerintah Rusia berani melegalkan penggunaan ganja di stadion penyelenggara Piala Dunia 2018 lantaran mereka telah bergabung ke Eurasian Economic Union. Dimana poin yang menjadi kesepakatan awal organisasi tersebut adalah menginzinkan turis untuk bertamasya dengan membawa narkotika seperti ganja, asalkan tidak melebih kuota yang telah ditetapkan di Undang-Undang dan disertai dengan surat izin dari pemerintah dan kepolisian.

Namun begitu, untuk menghindari penyalahgunaan ganja secara berlebihan yang berpotensi memicu kerusuhan, pihak panitia pelaksana, kepolisia dan juga pemerintah Rusia akan terlebih dahulu melakukan inspeksi ketat di semua kota penyelenggara Piala Dunia 2018. Mereka pun sudah menegaskan, kalau tidak akan segan untuk memberikan sanksi berat, kepada para pelanggar yang  tertangkap tangan.

Lucunya, pada tabloid harian Moscow Times tersebut pemerintah Rusia melarang para penonton stadion penyelenggara Piala Dunia 2018, terutama di Moscow St Petersburg serta Sochi untuk merokok. Lantas, bagaimana penonton bisa menyalakan ganja yang mereka bawa? Mungkin disinilah letak kontroversinya. Bukan pada dilegalkanya ganja secara tiba-tiba di Rusia menjelang Piala Dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *